Home » » Cara Menghapus Kode Kegagalan Pada ECM HONDA PGM-FI

Cara Menghapus Kode Kegagalan Pada ECM HONDA PGM-FI

Posted by www.garbamedia.com


Sebelum proses reset dilakukan, hal yang harus diperhatikan pertama adalah memeriksa history kegagalan dalam ECM. Apabila kerusakan pada sensor sudah diperiksa dan diperbaiki, maka sebenarnya MIL tidak akan berkedip, tetapi ECM sekali lagi masih menyimpan kode kegagalan sebelumnya. Untuk mengetahui kode kegagalan tersebut, dapat dilakukan dengan cara memasangkan DLC short connector pada DLC. Adapun prosedur pemeriksaannya adalah:

1.       Lepaskan cover sepeda motor yang menutup DLC, sehingga DLC kelihatan,
2.       Pastikan kunci kontak pada posisi OFF,
3.       Lepaskan penutup DLC,
4.       Pasangkan DLC short connector pada DLC,
5.     Putar kunci kontak pada posisi ON, dan history kegagalan pada ECM yang tersimpan dapat  dibaca/dilihat pada kedipan MIL.

Gambar 4.43 Tahapan memeriksa Kode Kerusakan Honda PGM-FI
Sumber: Hand out materi training Honda PGM-FI


6.       Apabila terdapat history kegagalan yang disimpan di dalam ECM, maka MIL akan berkedip menunjukan kode kegagalannya (lihat gambar 4.44 di bawah ini).

Gambar 4.44 Kedipan MIL yang terdapat kegagalan pada ECM
Sumber: Hand out materi training Honda PGM-FI

7.     Jika tidak ada history kegagalan yang disimpan di ECM, maka MIL akan menyala terus atau melotot (lihat gambar 4.45 di bawah ini).


Gambar 4.45 Kedipan MIL yang normal
Sumber: Hand out materi training Honda PGM-FI


Apabila ECM menyimpan kode kegagalan seperti ditunjukan pada gambar 4.44, maka sebaiknya dilakukan penghapusan/reset memory ECM. Berikut ini adalah tahapan menghapus kode kegagalan dalam ECM (reset ECM):
1.         Lepaskan cover sepeda motor yang menutup DLC, sehingga DLC kelihatan,
2.         Pastikan kunci kontak pada posisi OFF,
3.         Lepaskan penutup DLC,
4.         Pasangkan DLC short connector pada DLC,
5.         Putar kunci kontak pada posisi ON, dan MIL mulai berkedip,
6.         Pada saat MIL berkedip, lepaskan DLC short connector dan pasangkan kembali dalam waktu kurang dari 5 detik (catt: saat DLC dilepas MIL melotot, dan saat dipasang MIL akan mati sekitar 2-3 detik),
7.         Tunggu sekitar 2-3 detik dan MIL akan mulai berkedip pendek secara terus menerus (seperti lampu sein) tanda berhasil menghapus kode kegagalan,
8.         Putar kunci kontak pada posisi OFF, dan lepaskan DLC short connector.

Gambar 4.46 Tahapan reset ECM yang berhasil
Sumber: Hand out materi training Honda PGM-FI

Proses menghapus kode kegagalan tidak akan berhasil/gagal apabila DLC Short Connector tidak tersambung dalam waktu kurang dari lima (5) detik (langkah no. 6 terlalu lama). Akibatnya MIL akan menyala terus/tidak berkedip. Hal tersebut menunjukan bahwa proses penghapusan kode kegagalan pada ECM tidak berhasil (memori kerusakan masih tersimpan di ECM). Kemudian apabila kunci kontak diputar pada posisi OFF, dan diputar lagi “ON”, maka MIL akan tetap berkedip sesuai dengan kode kerusakan yang tersimpan.


Gambar 4.47 Tahapan reset ECM yang gagal
Sumber: Hand out materi training Honda PGM-FI

       Apabila hal tersebut di atas terjadi (gambar 4.47), maka proses mereset kode kegagalan gagal             dan harus dilakukan proses mereset ulang ECM sampai dengan berhasil.


FANS PAGE
PROMO
ARTIKEL POPULER
ARSIP